Siapa Gerangan Gubernur Sultra ?

Sekda Kantongi SK Plt Gubernur

nusa1.jpg azimad1.jpg

Nur Alam (kiri) dan Ali Mazi (kanan)

Pemilihan Gubernur dalam Pilkada Sultra telah digelar 2 Desember lalu. Sesuai pengumuman KPUD, pemenangnya pun telah diketahui orang ramai yakni pasangan Nur Alam-Saleh Lasata yang mengalahkan pasangan lainnya. Namun hingga kini belum ada tanda-tanda pasangan ini akan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra periode 2008-2013.

Memang, menyusul keberatan yang diajukan pasangan Ali Mazi-Abd Samad terhadap jalannya proses Pilkada, banyak kalangan memprediksi bahwa akan terjadi keterlambatan pelantikan. Buktinya hingga tanggal 18 Januari belum juga ada pelantikan terhadap pasangan terpilih. Ada selentingan yang beredar sehubungan pelantikan tersebut yakni terjadinya empat kemungkinan terhadap siapa yang akan dilantik, apakah pelantikan caretaker, perpanjangan masa jabatan gubernur lama ataupun bisa jadi pasangan terpilihlah yang akan dilantik. Atau bisa juga Mendagri menunjuk Sekretaris Daerah sebagai Pls Gubernur. Empat kemungkinan ini sama kuatnya.

Teka-teki tentang siapa yang akan dilantik menjadi Gubernur akhirnya terjawab. Sekretaris Daerah Andi Zainal Abidin ditunjuk sebagai pelaksana tugas gubernur sampai menunggu pelantikan gubernur definitif.

Sementara itu DPRD Sultra yang paling berkompeten dalam soal pelantikan ini belum berkomentar apa-apa. Sedangkan pihak Sekretariat DPRD tetap menyiapkan sarana-prasarana pelantikan sesuai jadwal yakni tanggal 18 Januari.

Sekretaris DPRD Sultra Drs Iskandar M.Si kepada pers mengatakan bahwa sekretariat tetap menyiapkan segala fasilitas pelantikan. Di luar itu, semuanya tergantung pada SK Presiden tentang siapa yang akan dilantik sebagai gubernur. “Yang jelas pihak kami tetap menyiapkan acara pelantikan sesuai jadwal” kata Iskandar. (**)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s