Radiohead Bikin Video Klip Open Source

Semangat Open Source adalah kreativitas dan inovasi, bukan partisan atau fanatisme buta. Hal itu juga yang diusung grup musik Radiohead dalam video klip terbaru mereka yang dibuat dengan semangat Open Source.

Video klip tersebut dibuat tanpa menggunakan kamera. Seluruh imaji yang muncul adalah rekaan tiga dimensi yang disusun murni dari data.

Seperti dikutip detikINET dari Tech Crunch, Rabu (16/7/2008), Google menjadi rekanan grup musik tersebut dalam mempromosikan lagu ‘House of Cards’ dari album In Rainbows. Google menyediakan aplikasi interaktif video tersebut beserta kode penyusunnya pada situs code.google.com.

Video ‘House of Cards’ dibuat tanpa menggunakan kamera. Video itu menggunakan data dari scanner Geometrics Informatics untuk menangkap citra tiga dimensi para musisi. Sedangkan untuk pemandangan kota, digunakan pemindai Velodyne LIDAR.

Google disebut menggunakan teknologi yang mirip dengan yang diterapkan pada Velodyne LIDAR. Bedanya, Google menggunakan teknologi itu untuk menghasilkan pemandangan dalam aplikasi Street View pada Google Maps.

Sesuai semangat Open Source, Radiohead pun membuka data yang digunakan dalam video ini. Harapannya, para pengembang piranti lunak bisa membuat variasi mereka terhadap video klip tersebut.

Di halaman http://code.google.com/creative/radiohead/viewer.html tersedia aplikasi berbasis Flash yang bisa digunakan untuk melihat dan berinteraksi dengan elemen dalam video klip itu. Video klip ‘House of Cards’ disutradarai oleh James Frost, sedangkan teknologinya ditangani Aaron Koblin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s