PLN Baru Mampu Atasi Defisit Pada 2010

Perusahaan Listrik Negara (PLN) bakal mampu mengatasi defisit listrik pada 2010 setelah proyek pembangunan PLTU 10 ribu Megawatt (Mw) tahap ke dua dibagun oleh pemerintah.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Hatta Radjasa mengemukakan, pada saat ini pembangunan tahap pertama sedang dilaksanakan hingga 2009.

“Untuk tahun 2009 nanti masih terjadi defisit. Untuk itu jangka pendek yang dapat dilakukan adalah menggeser hari-hari surplus kapasitas, yakni pada hari Sabtu dan Minggu”, kata Mensesneg pada acara press gathering di Surabaya, Sabtu (19/7).

Mensesneg yang hadir bersama Menkominfo Muhammad Nuh, mengatakan, sistem pemadaman secara bergilir yang dilakukan saat ini bukan untuk jangka panjang, tapi hanya untuk jangka pendek selama menunggu pembangunan pembangkit abru yang kini terus dilakukan.

Ia menyebutkan data pertumbuhan lima tahun terakhir, yakni konsumsi listrik tumbuh 6,7%, dan beban puncak 4,8%, sementara kapasitas pembangkit hanya 3,5% per tahun.

“Karena terjadi ketidakseimbangan antara penambahan kapasitas supply dengan demand, akibatnya rasio cadangan kapasitas terhadap beban puncak (reserve margin) pada 2008 ini hanya 21 persen,” katanya.

Sementara itu, Menkominfo Muhammad Nuh mengemukakan, pemerintah melakukan beberapa upaya untuk mengatasi keterbatasan kapasitsas tersebut. Di antaranya dengan mempercepat pembanguna PLTU 10 ribu Mw, menggeser beban hari kerja ke Sabtu dan Minggu.

Sesuai dengan SKB lima menteri, untuk mengurangi beban pada hari kerja sebesar 600 Mw adalah upaya lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi defisit listrik, karena pada hari Senin sampai Jumat terjadi defisit 1.500 Mw, sementara pada hari Sabtu-Minggu terjadi surplus 1.000 Mw.

“Kalau perusahaan tidak mau mengalihkan hari kerja, ya berarti terkena dampak pemadaman pada hari kerja”, katanya menegaskan. Selain itu, upaya pemerintah adalah akan memastikan kesiapan pembangkit PLN dan pembangkit swasta, katanya menambahkan. (Ant/OL-01)

Iklan

One response to “PLN Baru Mampu Atasi Defisit Pada 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s