BLT, Untung Apa Buntung ?

Kemarin aku dapat selembar tabloid yang sudah kusut yang diterbitkan pemerintah. Namanya tabloid Komunika terbitan Departemen Kominfo. Tabloid iru sebenanrnya telah dibuang di keranjang sampah, tapi saya pungut kembali karena mataku tertumbuk pada sampul belakang tabloid itu yang isinya adalah 12 kriteria rakyat miskin.

Dari situlah aku baru tahu persis apa kriteria-kriteria rakyat miskin di Republik ini.

Sebenarnya kriteria rakyat miskin telah lama saya dengar, namun baru kemarin menjadi jelas bahwa untuk jadi rakyat miskin itu ternyata banyak syaratnya. Antara lain rumah bukan beton, masak pakai kayu bakar, makan hanya 2 kali sehari, makan daging hanya sekali seminggu dan masih menggunakan WC umum alias jamban keroyokan.

Pemerintah telah lama menyusun kriteria ini untuk mengetahui jumlah rakyat miskin dalam rangka menyalurkan dana Bantuan Tunai Langsung (BLT) yang sangat terkenal itu. Ribuan orang kemudian berdesakan untuk mendapat uang yang jumlahnya tak seberapa itu. Bahkan ada yang pingsan segala.

Padahal seperti telah umum diketahui bahwa rakyat miskin di tanah air banyak jumlahnya dan susah ngaturnya. Beberapa kejadian bahkan diketahui bahwa banyak rakyat yang terdata sebagai orang miskin ternyata adalah orang mampu, tentu dalam arti ekonomi.

Jadi di satu sisi, orang-orang yang tergolong mampu memanfaatkan benar peluang ini. Dengan segala cara mereka berusaha agar namanya terdaftar sebagai penerima dana itu. Di sisi lain proyek ini sering jadi obyekan para pejabat untuk pungli dan korupsi. Sedangkan para politisi menggunakannya sebagai wahana kampanye untuk dirinya sendiri.

Kalo sudah begini, BLT untung atau buntung ?

Iklan

4 responses to “BLT, Untung Apa Buntung ?

  1. BLT sih ndak mendidik. Untung apa buntung hayoo??

    kalo dulu orang makan gaplek aja ndak pada protes apa adanya, tapi sekarang harga naek aja dah emosi gak karuan, demo dimana-mana. Ahhh tapi itu dulu yaa ndak sama kayak sekarang,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s