Antara Blogspot dan WordPress

Kelebihan dan Kekurangannya

Saya adalah blogger pemula. Saya belum banyak tahu soal perbandingan menggunakan blog antara Blogspot dan WordPress meski saya punya blog di dua layanan blog gratis ini. Tapi sepanjang pengalaman saya yang baru sedikit itu saya jadi tahu bahwa antara Blogspot dan WordPress memiliki ciri masing-masing termasuk kekurangan dan kelebihannya. Blog saya pada dua penyedia layanan blog gratis ini masing-masing http://arsyadsalam.blogspot.com dan https://arsyadsalam.wordpress.com. Jadi tidak ada salahnya saya membagi beberapa catatan berikut :

  1. Blogspot (blogger.com) memiliki kelebihan yaitu tampilan yang bisa kita modifikasi sedemikian rupa sesuai selera kita sendiri. Ada ribuan template gratis untuk pilihan tampilan blog ini di internet. Kita tak perlu menguasai bahasa HTML atau Javascript yang rumit itu. Cukup copy paste kode HTML atau javascript template yang kita mau. Maka jadilah blog yang kita inginkan berikut plugin dan beragam fasilitas gambar animasi bergerak yang cantik
  2. Blog WordPress templatenya tidak dapat diubah kecuali sebagian header dan sidebar serta warna. Blog WP hanya membaca bahasa HTML tapi tidak dapat mambaca Javascript. Meski bagaimanapun kita mendesain blog WP kita, tampilannya tak jauh berbeda dengan template standar yang disediakan.
  3. Kelebihan atau kekuatan WordPress menurut saya terletak pada fasilitas kotak komentar yang sangat dinamis serta adanya forum yang tersedia tempat dimana tulisan kita dapat dilihat, dibaca dan dikomentari oleh blogger lain secara instan. Hal ini akan mendorong para blogger yang tertarik dengan tulisan itu dan melacaknya sampai ke blog kita. Di blogspot (blogger.com) hal ini tidak terlalu populer. Dengan demikian, para blogger yang masuk di blogspot kita biasanya masuk dengan tak sengaja alias kebetulan lewat. Sampai sekarang saya tak tahu berapa orang yang membaca dan mengomentari postingan saya di Blogspot.com. walaupun mungkin di blogger.com juga tentu ada forum untuk itu.
  4. Meski demikian blogspot punya kelebihan lain yang tak dimiliki WordPress yakni adanya fasilitas Googgle Adsense yang menggiurkan itu. Beberapa blogger bahkan tak lagi bermain di WP lantaran ingin mendapatkan dollar dari blognya. Dan itu hanya dapat diperoleh di Blogger com yang merupakan anak cabang dari jawara mesin pencari Googgle.
  5. Hal itu membawa saya pada kesimpulan bahwa para blogger yang berorientasi pada bacaan dan tulis menulis serta curhat lebih memilih WP. Tampilan blog di WP tergolong sederhana. Beberapa bahkan sangat simple dan bersih seperti K2, Contempt dan Blix. Para seleb blog seperti Ndorokakung dan Padepokan Budi Raharjo bahkan menggunakan template Kubrik yang merupakan template default WP. Sementara itu bagi mereka yang berorientasi pada tampilan blog cantik dan menawan serta bagi blogger yang berjiwa bisnis tentu memilih Blogspot dengan alasan yang simple pula yakni β€œKalo bisa punya blog yang cantik sekaligus bisa dapat duit melalui blog itu kenapa mesti disia-siakan?”

Itulah catatan ringkas yang saya tahu tentang Blogspot dan WordPress. Tentu masih banyak hal lain yang belum saya ketahui namun pada akhirnya semua kembali kepada pilihan masing-masing blogger apa yang akan dia gunakan dan apa orientasinya dalam bermain blog.

Salam blogger J

19 responses to “Antara Blogspot dan WordPress

  1. Sip … campur adok jadi gado-gado sepiring 15000 kalo udah di-mal palagi taruh di blog makin asoy ….
    terima kasih udah mendukung kampanye blogging ….

    saya turut menautkan blog anda yang asoy geboy yahoi … moi moi moi

    sepanjang yang saya tahu setiap blog engine memang ada kelebihan dan kekurangan … bagi yang nggak mau repot banget silakan pilih wordpress. bagi yang ingin advanced ato tingkat lanjut lebih pas pake blogger.com

    putusan ada di tangan anda wahai blogger muda dan pemula

  2. yup bener banget mas, untuk nge~blog secara gratis-tis tis ada banyak bloghosting yang nyediain layanan blog gretong ini (“gratis”-red.).
    yang duy tau kayak Blogspot yang dari Blogger itu, terus WordPress.com yang kayak duy pake ini dan dagdigdug.com (punya indonesia loh) yang berflatform WordPress versi 2.3 kalo gag salah.
    ermm bener banget kalo make blog yang dari wordpress.com kalo mo diapa2in terbatas banget πŸ™‚
    kecuali kita pake layanan hostingan yang berbayar, kita bisa ngapa2in wordpress yang kita install sendiri πŸ™‚
    script dan plug in serta widget yang bisa ditambahin sebanyak mungkin :D.. ato mungkin juga bisa adsense juga πŸ™‚
    kalo dagdigdug lumayan juga bisa diotak atik, ditambahin Shoutbox πŸ™‚ ..
    hihihi..
    mohon ditambahkan kalo kurang πŸ™‚

  3. Kalo saya sih pilihan personal. Saya suka tampilan yang simple. Pusing kalo liat iklan apalagi yang blink. Apalagi saya terlalu malas untuk nyari add-on. Di wordpress, semua keinginan saya terpenuhi di dashboardnya.

  4. wordpress yg mana dulu neh mas, kalo wordpress.com ya jelas kalah dr blogspot, tapi kalo self-hosted wordpress (wordpress.org) sih ya manang jauh dari blogspot dari segala sisi. sudah saatnya om gugel selaku pemilik blogspot memperbaiki engine blogger yg dipake blogspot. keunggulan utama engine wordpress core adalah sifatnya yang opensource, sehingga orang di seluruh dunia bisa ikut mengembangkan sehinga perbaikan terjadi terus menerus sepanjang tahun

    salam

  5. wah,… bermanfaat banget bagi aku..
    terima kasih banyak…

    tapi ada yang kurang saya pahami di sini… yaitu poin 4 …

    4. Meski demikian blogspot punya kelebihan lain yang tak dimiliki WordPress yakni adanya fasilitas Googgle Adsense yang menggiurkan itu. Beberapa blogger bahkan tak lagi bermain di WP lantaran ingin mendapatkan dollar dari blognya. Dan itu hanya dapat diperoleh di Blogger com yang merupakan anak cabang dari jawara mesin pencari Googgle.

    maksudnya

  6. wah,… bermanfaat banget bagi aku..
    terima kasih banyak…

    tapi ada yang kurang saya pahami di sini… yaitu poin 4 …

    4. Meski demikian blogspot punya kelebihan lain yang tak dimiliki WordPress yakni adanya fasilitas Googgle Adsense yang menggiurkan itu. Beberapa blogger bahkan tak lagi bermain di WP lantaran ingin mendapatkan dollar dari blognya. Dan itu hanya dapat diperoleh di Blogger com yang merupakan anak cabang dari jawara mesin pencari Googgle.

    maksudnya Google Adsense tu apa ya?? he, harap maklum… masih baru bgt… terus caranya gmana ya…

    terimakasih sebeumna

Tinggalkan Balasan

