Tua Versus Muda…… Siapa Takut?

Postingan ini menanggapi SMS Ndorokakung yang menyoal perang opini antara Ketua PDI-P Megawati dan Presiden PKS Tifatul Sembiring. Tifatul berseru agar para elit yang sudah berumur tahu diri dan tak usah maju dalam Pilpres mendatang. Hal itu kontan menyulut api dalam sekam. Megawati kontan meradang dan merasa tersinggung. Bila menilik tensi politik yang kian tinggi belakangan ini, pernyataan Tifatul tersebut sebenarnya lumrah saja. Mega tak perlu emosi. Tapi di lain pihak, Tifatul juga jangan asal ngomong.

🙂

Benar kata Mega bahwa tak ada batasan umur untuk seorang calon presiden. Undang-undang tak mengatur batas usia tertinggi calon presiden. Tapi seruan Tifatul juga ada benarnya. Seruan itu sebenarnya harus bergerak pada tataran moral dan bukan pada konteks legalitas. Soalnya hampir seluruh elit politik tanah air sudah pada uzur. Regenerasi macet. Dan terbukti bahwa mereka yang telah sempat mengenyam kekuasaan tak bisa merubah keadaan ke arah yang lebih baik.

😛

Padahal bila kita perhatikan sejarah kita, Tan Malaka menjadi Sekretaris Sarekat Islam pada usia 16 tahun. Soekarno menjadi ketua Algemene Studie Club pada umur 24 tahun. Jadi siapa bilang yang muda tak bisa berkiprah?. Di lain pihak Agussalim jadi tokoh nasional saat usianya sudah mencapai 40-an tahun. Yamin, Radjiman dan Soepomo sudah dianggap tua saat menjadi aktifis nasional. Tapi anehnya saat itu tak ada polemik soal umur seperti sekarang.

Yang jadi soal kemudian adalah bukan pada usia seseorang tapi pada apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkan kapal Republik yang sudah hampir karam ini

🙂

Alhasil, baik yang tua maupun yang muda monggo berjuang untuk memperbaiki kesemrawutan ini. Jadi ? Tua versus muda? siapa takut??? J (**)

🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s