Aksi Tipu Antar Blogger

Realita atau Hanya Sekedar Trik?

Catatan Kaki : Dunia blogger gempar karena ada aksi penipuan dan korbannya banyak. Seseorang mengirim email pada Ndoro Kakung yang langsung mengeksposnya di Blog Pecas Ndahe. Benarkah sinyalemen Roy Suryo bahwa para blogger tidak bertanggungjawab?

Kemarin jagat blogger tanah air geger. Dunia blogging gempar dan ribut bukan buatan. Kegemparan berawal dengan postingan Ndoro Kakung yang berisi email seseorang bernama Julia yang isinya hampir empat halaman HVS. Dalam email itu sang pelapor menumpahkan unek-uneknya dan menyebut beberapa nama antara lain GK dan Kopitozie sebagai penipu dan pembohong.

Hanya setengah hari berselang sejak tulisan itu terbit, Ndoro Kakung telah panen sekitar 200 komentar termasuk saya yang memberi koment sambil lalu. Macam-macamlah tanggapan orang mengenai hal ini. Ada yang bilang bahwa korbannya banyak yang tak mau mengaku. Ada pula komentar bahwa penipuan itu memang terjadi meski jumlah uang tidak sebesar tuduhan si pengirim email aneh itu.

Saya yang membaca postingan beserta komentar2 blogger jadi bertanya-tanya, benarkah para penipu itu memang ada ataukah hanya trik bagi para seleb blog untuk menaikkan traffic blognya?

Saya curiga lantaran postingan model seperti ini sudah sering sekali saya dapati di dunia blogger. Dan satu yang jelas : si empunya blog pasti panen komentar. Ada beberapa alasan mengapa saya curiga :

Pertama, Hanya sejam sejak tulisan itu terbit, Kopitozie yang disebut sebut sebagai pelaku penipuan telah mengaku dan memberi klarifikasi bahwa dirinya tidak melakukan seperti yang dituduhkan itu. Kopitozie berusaha menghubungi Ndoro Kakung via HP tetapi tidak tersambung.

Kedua Siang harinya hingga sore beberapa blogger yang disebut-sebut sebagai korban memberi komentar pula yang isinya bahwa mereka tidak merasa ditipu oleh aksi sang bandit blog. Hanya sekedar bantuan uang makan, transport dan uang rokok. Begitu kata mereka. Gelap sudah turun

Nah dari sini, kecurigaan kian merangkak naik: Dalam email itu si pengirim telah menyerahkan sepenuhnya persoalan kepada sang Ndoro, apakah mau diekspos atau tidak terserah. Julia lantas memberi komentar yang aneh dan meyayangkan sikap Ndoro yang mengekspos emailnya itu. Lho, bukankah tadi persoalan telah di serahkan pada Ndoro Kakung? Aneh bukan?

Dari sisi Ndoro Kakung ada beberapa catatan tambahan. Dalam dunia jurnalistik, Ndoro telah menerbitkan berita tak berimbang, tak balance. Dan itu melanggar UU No 40/1999 Tentang Pers. Karena postingan yang menggegerkan itu masuk dalam kategori berita, bukan artikel, opini ataupun feature. Ada beberapa alas an berita itu tidak patut terbit. Antara lain dan yang utama adalah tidak adanya tanggapan dari sang tertuduh utama GK. Blognya terkunci (atau sengaja dikunci?). Jadi tulisan di atas adalah fitnah, sangat subyektif dan tuduhan membabi buta terhadap diri pribadi orang lain. Bagaimana kalau GK keberatan dan mengajukan bukti bukti?. Bagaimana kalau Kopitozie menuntut pencemaran nama baik? Ini sangat berbahaya dalam dunia jurnalisme kita termasuk blog. Mungkinkah benar sinyalemen Roy Suryo bahwa para blogger tidak bertanggungjawab?

Salam dari Blogger Pemula

Catatan Kaki : Dunia blogging gempar karena ada aksi penipuan dan korbannya banyak. Seseorang mengirim email pada Ndoro Kakung yang langsung mengeksposnya di Blog Pecas Ndahe

Iklan

10 responses to “Aksi Tipu Antar Blogger

  1. jadi pertamaxxx disini boss 🙂 … kalo gw cuma masalah ‘Love’ kok dijadikan konsumsi publik .. wadduh .. ampuuun ampuuun dech. Gak bakalan menuntut, ngapain juga … (orang gak punya duit) … he he sekadar kutu kupret.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s