siboek siapkan boeka poeasa

Siang ini istri saja tampak siboek di dapoer. Aneka roepa bahan penganan soedah tergolek di atas medja. Ada terigoe, doea sisir pisang radja jang soedah matang benar. goela merah, vanili, frambozen, goela pasir, santan kelapa, dan lain sebagainja. Sepertinja istrikoe akan memboeat kolak pisang-menoe andalan berboeka kami- Akoe lihat istrikoe tampak serioes mengerdjakan tahapan demi tahapan pemboeatan hidangan itoe. Demi hadjat berboeka nanti, dia rela berpeloeh dan berpajah-pajah.
Saja lihat ini semoea seraja membajangkan betapa nikmatnja berboeka sore nanti. Selama ini sering saja saksikan istri saja -bahkan sesekali toeroet membantoenja-mengambil ini-itoe-memboeat aneka penganan oentoek anak-anak. Tapi entah mengapa, di boelan poeasa ini kajaknja poenja noeansa lain. terasa lebih semangat oentoek melakoekan segala kegiatan jang berhoeboengan dengan koeliner. Mengoepas kelapa moeda, mengoepas singkong, memaroet kelapa adalah roetinitas jang sering saja lakoekan bersama istri di dapoer dalam boelan poeasa seperti sekarang.
Alhasil dengan kesiboekan seperti ini, saja djadi sedikit2 mengerti tjara memboeat aneka penganan. Tapi anehnja saja ikoet repot begitoe hanja pada boelan ramadhan sadja. Di loear boelan ini, saja njaris mendengkoer sadja menoenggoe apa jang sedang dimasak di dapoer.
Membantoe siboek-siboek didapoer saat poeasa bagi saja memang poenja aoera jang lain. ada kenikmatan tersendiri saat mengerdjakan itoe semoea sembari menahan godaan nikmat dari aneka hidangan itoe. Memang sih kadang terdengar sematjam anak-anak jang membantoe sang iboe di dapoer. Tapi salahkah djika saja ingin kembali ke masa kanak-kanak?

Iklan

8 pemikiran pada “siboek siapkan boeka poeasa

  1. berboeka bersama daripada anak-istri tertjinta
    memang soenggoeh sngatlah nikmat rasanja
    ingat masa kanak-kanak dahoeloe membantoe iboe di dapoer, soenggoeh kenangan jang sngat indah

    *jangan loepa daripada jang namanya tarawih dan tadarroes……hmmm

  2. Untungnya, saya ini bang, jam jelang buka masih di kantor, jadi nggak tahu menu apa yang di siapkan orang2 rumah. Buka nya hanya sama temen2 kantor juga. karena lagi di Rantau….sepi banget rindu buka puasa sama keluarga. ;(

  3. wah pak arsyad long time no see,
    hahaha..
    pernah komen di blog saya long time ago nih..
    jadi kangen..

    bapak org sulawesi ya? waah saya suka pallubutung nya tuh…
    seger’e maknyusssss
    XD

    mampir2 yo pak ke blog saya

  4. mbatu di dapur kekanakan ? gak lah, ada juga buat suasana romantis kalo menurut g sih 😀
    mmm yg namanya ibu2 kalao bulan puasa kudu inovatif ( bukan ciptain mobil aja yg hrs inivatif) ciptain resep2 baru yang seger, sehat dan aman dilambung mengingat saat puasa lambung agak sensitif.
    yaudah truzin nikmatin koleknya yaa daa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s