Benarkah Kita Butuh Pahlawan ?

(Renungan Menjelang Peringatan Kemerdekaan RI)

Apa yang terlintas dalam benak anda ketika mendengar kata pahlawan? Diucapkan secara special menjelang Agustusan seperti sekarang, kata pahlawan mungkin punya makna yang beragam bagi semua orang. Murid-murid Sekolag Dasar dulu membayangkan pahlawan sebagai orang-orang yang telah berjuang membela negara dalam peperangan melawan pihak asing. Dan definisi pahlawan seperti itu masih dianut banyak orang hingga kini.

Setiap peringatan Agustusan, lorong-lorong, gang-gang dipenuhi dengan graffiti dan gapura yang tampak heroik. Bahkan kadang sedikit sarkastis : pria gondrong bertelanjang dada dan bambu runcing yang penuh darah dengan tinju yang mengepal ke langit. Mungkin begitulah arti pahlawan bagi sebagian orang (khususnya bagi mereka yang memajang gapura seperti itu)

Asumsi bahwa pahlawan seperti gambaran di atas sungguh naïf lantaran sempitnya pemaknaan kata itu. Erosi makna kata pahlawan adalah doktrin atau produk suatu zaman yang telah begitu rupa melakukan reduksi makna kata pahlawan ini. Pemerintah masa lalu berusaha sekuat tenaga agar masyarakat memaknai pahlawan hanya sebatas pejuang perang melawan penjajah saja. Titik.

Maka berbarislah nama-nama seperti Hasanuddin, Pattimura, Gajah Mada, Imam Bonjol. Padahal mereka ini berjuang ketika Indonesia belum lagi ada. Untuk siapa sebenarnya Gajah Mada berjuang? Untuk Indonesia?  Nonsens saudara.

Lantas di mana posisi pahlawan sekarang, ketika perang fisik telah usai dan negeri telah damai? Atau masihkah kita perlu perlu sosok pahlawan? Jangan-jangan kita memang tidak butuh pahlawan. Yang kita butuh adalah tindakan-tindakan kepahlawanan di zaman yang carut marut ini, seperti ramalan Ronggowarsito dalam Zaman Edan.

Wallahu Alam Bissawab (**)

Iklan

2 pemikiran pada “Benarkah Kita Butuh Pahlawan ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s