Ayam Pakai Barbel?

Kemarin saya terkejut bukan main. Anak lelaki saya yang kedua, sekarang kelas dua Madrasah Aliyah (Setingkat SMU) menyarankan kepada saya agar kaki ayam Bangkok kesayangannya (dan ayam kesayangan saya juga) digantungi semacam pemberat. Dia menyebutnya barbel. Setahu saya, barbel adalah jenis peralatan kebugaran untuk manusia. Lalu bagaimana ceritanya sampai dipasangi di kaki ayam Bangkok?

“Untuk apa?” tanya saya heran campur kaget.

“Untuk latihan ayah” katanya mantap. “Ayam Bangkok harus dilatih supaya bisa bertarung dengan kemampuan maksimal”

“Bagaimana caranya? Dan apakah bisa?”

“Ya harus, kalau mau ayam ini bisa jadi ayam jawara” katanya sambil mengelus ayam Bangkok berbulu hitam itu. Lalu dia menjelaskan cara memasang alat yang disebutnya barbel itu. Rupanya barbel dimaksud bentuknya semacam gelang karet agak tebal yang dililitkan di pergelangan kaki ayam. Katanya untuk menciptakan efek sepak yang dahsyat, mungkin seperti karung latihan tinju bagi atlit tinju. Dalam hati tentu saya kurang setuju dengan ide anak saya itu.

“Nak!” kata saya selanjutnya. “Ayam ini dipelihara bukan untuk diadu atau dijadikan ayam untuk pertandingan”

Tapi anak saya tetap bersikukuh bahwa ayam Bangkok memang jenis ayam petarung. Biasa dipakai untuk pertandingan, sering dengan taruhan uang. Jelas judi namanya, batin saya.

“Pokoknya tidak bisa” terdengar suara saya agak keras. “Ayam Bangkok ini tidak akan jadi ayam jawara. Ayah sengaja memelihara ayam ini untuk menjadi pejantan ayam betina kita, supaya anaknya nanti besar-besar, supaya harganya tinggi kalau dijual. Lagi pula mengadu ayam itu dosa namanya”

Mendengar itu, anak saya cuma menggerutu tak jelas. Ia tidak setuju dengan kata-kata saya tadi. Tapi saya lihat sepertinya dia merencanakan sesuatu. Saya pun menduga, pasti kalau saya ke kantor barulah ia melaksanakan niatnya itu: memasangi gelang pada kaki ayam Bangkok kesayangan kami yang baru dewasa. Memang sosok ayam itu sangat gagah, tinggi dengan dada menjulang ke depan seakan menantang ayam lain yang ada sekitar rumah kami.

Ayam kok pakai barbel. Ah ada-ada saja.

Tinggalkan Balasan

